Wednesday, November 5, 2008

Vacation to YK

Gw selalu suka dengan Yogyakarta. Waktu gw kecil,keluarga gw pernah membawa gw tur keliling Jawa. Ambarawa,Semarang,Solo,dan berakhir di Jogja. Kakek gw yang asli Jawa biasanya menjadi pemandu di setiap tempat yang kita kunjungi. Sambil dia bercerita mengenai pengalamannya di tempat-tempat itu pada jaman Jepang. Konon,dia pernah jalan kaki dari Ambarawa melewati hutan tanpa makanan ke Jogja.

Sudah cukup lama gw nga pernah berpergian kesana lagi. Tapi tiba-tiba, suatu hari nyokap gw memberi kabar kalo gw dan dia,akan pergi ke Jogja nemenin kakek dan nenek gw. Tujuannya adalah mereka ingin ziarah ke Gua Maria. Berhubung kondisi nenek gw yang semakin hari semakin loyo,jadi mumpung bisa (katanya) nyokap gw ingin sekali merealisasikan keinginan orang tuanya itu.

Jadi pada hari Kamis,tanggal 30 bulan Oktober kemarin, gw dan nyokap gw berangkat menyusul kakek dan nenek gw yang udah berangkat tadi pagi menggunakan kereta. Gw agak-agak takut gitu sih soalnya uda lama ga naik kereta. Di perjalanan ke Gambir, Jakarta turun hujan. Wah jadi galau gimana gitu. hehehe. Disana gw ketemu sama nyokap yang datang dari kantornya dianter oleh om Surya,temennya. Sepanjang perjalanan,gw dengerin lagu dan ngobrol sama nyokap. Tadinya berharap bisa melihat lampu-lampu di jalan dan rumah-rumah. Tapi ternyata kacanya buram dan jalanan yang dilaluin gelap banget. Akhirnya gw memutuskan untuk tidur.

Sampai di Stasiun Tugu,sudah jam 4 subuh. Kita dijemput sama supir dari hotel yang nanti akan kita tempati. Setelah istirahat sebentar dan menunggu matahari menampakkan wujudnya, kita baru memulai perjalanan. Tujuan pertama kita hari itu adalah Candi Kristus yang terletak di Gereja Ganjuran,Bantul. Daerah ini adalah salah satu yang terkena gempa paling parah di kawasan Yogyakarta. Katanya,gerejanya sempat rubuh dan menimpa seorang Pastur. Tragis. Beberapa tahun lalu saat gw masih kelas 2 SMP,gw dateng kesini saat Study Tour bareng sekolah.

Lalu tujuan kita selanjutnya adalah ke wisata Kaliurang,daerahnya dekat Gunung Merapi yang jadi cikal-bakalnya Mbah Maridjan.hahaha. Tapi dijalan,kakek gw merasa ga enak badan. Lalu kita cari makan dan sempat bingung mana yang mau dipilih karena sepanjang jalan tempat makanan semua.Menurut rekomendasi teman dari ibu saya,ada restoran terkenal didekat situ. lalu akhirnya kita makan disana. Tapi kakek gw tambah teler dan puyeng,kasian banget liatnya. Akhirnya kita ga jadi ke wisata Kaliurang dan langsung capcus ke Gua Maria,Sendangsono,yang menjadi tujuan utama perjalanan kali ini. Waktu kecil juga beberapa kali gw pernah kesini bareng keluarga besar. Disini terdapat Gua Maria buat orang-orang berdoa dan memohon sesuatu.

Gua Maria Sendangsono,YK.

Hari kedua, diawali dengan pergi ke Kota Gede. Ga banyak yang kita lakuin disini, kebetulan gw ga suka perhiasan dan barang-barang peraknya disin mahal. Jadi gw hanya menggunakan kesempatan ini untuk foto-foto. Darisitu kita pergi ke Keraton. Tapi ternyata Keratonnya ditutup soalnya mau ada acara wayang orang. Cuaca mendung lalu ga lama turun gerimis. Kita segera mesen becak dan mereka menawarkan paket fantastis! keliling daerah keraton cuma bayar lima ribu rupiah! wooow! jadi perjalanan kita dilanjutkan ke Kediaman Sultan HB X yang ga jauh darisitu. Si abang becak lalu ikut turun dan seketika dia langsung menjelma jadi Tour Guide canggih! hahaha gw kaget. Tapi gokil banget deh tuh abang. Dia ngejelasin mengenai barang-barang dan ruangan disitu layaknya Pemandu Wisata beneran. Lalu darisitu,kita pergi beli batik di Luwes-Luwes. Hujan makin deras. Kita beli makanan sebentar lalu pulang.
Pelajaran yang gw tangkep hari ini : Tukang becak disini sungguh berdedikasi dan totalitasnya tinggi. Walaupun keujanan,mereka tetep nerimo. WAAAA! Gw salut bener
Kediaman Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Terus,gw dianter ke suatu rumah kaya galeri gitu. Disitu dijual lukisan-lukisan. Gw beli satu lukisan bergambar petani yang nuansanya biru. Terus kakek gw membeli lukisan kereta kencana yang digambar oleh Abdi Dalem Keraton. Lalu darisitu,kita jalan kaki ke pertapaan Sultan Hamengkubuwono entah yang keberapa. Bangunannya semacam kuil-kuil yang gw lihat sih bentuknya mirip kaya di Cina. Lalu kita ke Taman Sari yang sekarang udah dipugar dan jadi bagus banget! Waktu gw kesini pas kecil,kolamnya belom ada airnya. dan warna bangunannya abu-abu butek kaya semen biasa. sekarang udah dipugar deh dan jadi bagus!

Taman Sari

Malamnya,kita pergi ke Malioboro dan sempet mampir buat beli oleh-oleh khas Jogja,such as Bakpia, Wingko babat, tingting,etc. Di Malioboro,gw ga beli banyak barang. Kalau dilihat-lihat,barang jualannya sama soalnya. Terus jarang yang unik. Akhirnya gw cuma beli daster,gantungan kunci yang ada kacanya, topeng-topengan,udah.
Jogja masih diguyur hujan. gw dan nyokap hujan-hujanan dan pulang naik becak. Tadinya mau nonton wayang orang cuma karena hujan,gw mengurungkan niat gw.

Hari terakhir,pagi-pagi kakek dan nenek gw pulang. Gw dan nyokap nganterin ke bandara yang letaknya cukup jauh dan ada di pinggiran kota. Setelah itu,gw menunggu cukup lama sampai supir menjemput. Nunggunya sambil minum coklat di Oh Lala terus jalan-jalan ga puguh. Lalu darisitu,kita pulang ke hotel sebentar,kemudian berangkat ke Pasar Beringharjo. Gw kurang suka ksana soalnya tempatnya pengap dan panas. Di kanan kiri dijual Batik cetak Pekalongan yang sangat pasaran. Di Jakarta juga beginian sih banyak. huhu. Lalu,gw dan nyokap beli makan dan diakhiri dengan foto-foto di benteng apa gitu namanya. Udaranya aneh banget. Di arah Utara,langitnya cerah banget dan terik panas. tapi di arah Selatan,langitnya mendung dan berawan bahkan sekali-sekali ada titik hujan menetes. Terakhir, kita ke Pulo Cemeti. Semacam bangunan tua yang runtuh. Katanya dulu itu merupakan tempat Raja dan Selir-selirnya makan.

Dan tiba waktunya untuk pulang, sebelumnya gw sempet beli Ayam Mbok Berek yang bener-bener bikin gw ngiler. eh ternyata setelah dimakan, ga seenak yang dulu gw makan. Mungkin soalnya sekarang udah turun temurun ke anaknya,jadi rasanya kurang gimanaa gitu. Lalu gw berangkat ke bandara dengan naik taxi. Sampai disana,pesawatnya delay. Jadi gw wasting time sambil baca majalah disana. Pas dipesawat, gw bisa ngeliat langit senja diatas awan-awan. woooow! itu bagus banget!
Nice ending of the story anyway :)

Dennis said...

Benteng vredenberg kali cell hahaha
ceritanya terlalu detail jd ngebuat pusing. mestinya perjalanan lu ditulis garis besar ato tempat2 yg pnting aja. hehehhe. sok tau bgt gua. hahaha. gak maksud. cm ngasi rekomendasi.
ehh blog gua di view dong..

Anonymous said...

haha iya sih gw mikir juga gitu
cuma ini kan blognya buat konsumsi gw doang. semacam reminder jadi maaf ya kalo yang bacanya pusing hahaha