Sunday, November 30, 2008

Helping Hand

Ini hari Senin. Saatnya gw harus kembali bangun pagi dan mandi walaupun masih tidak rela meninggalkan guling untuk segera ke kamar mandi. Seragam hari ini putih-putih. Karena pantofel gw hilang jadilah gw beralaskan sepatu sneakers putih. Dan bodohnya kawan-kawan,tidak satu guru pun menegor gw padahal hampir sebulan,tiap Senin gw pake sepatu ini.

Subjek ulangan umum hari ini adalah Jerman. Untungnya ada pilihan ganda jadi gw bisa menebak-nebak atau capcipcup. Isian? Gw dengan suksesnya tidur. Tapi syukur kepada YME gw mengerjakannya dengan cepat sekali. Lalu gw istirahat sambil menunggu bel ulangan ke dua berdering. Bahasa Indonesia. Soalnya berelembar-lembar. Pilihan gandanya sungguh membosankan karena terlalu banyak bacaan. Di lembar essay,tinta bolpoin gw mengalami penurunan secara drastis.

Tumben-tumbennya gw hari ini nebeng Tasya pulang. Soalnya gw ditinggal sama Testa padahal awan sudah menandakan mau hujan. Di jalan akhirnya hujan juga. Tasya dijemput sama kakaknya. Tadinya karena hujan,gw mau dianterin sampe rumah tapi gw menolak. Gila ga enak banget uda nebeng juga. Gw pikir hujan-hujanan dikit gapapa lah. Terus sampai ditempat yang ada bus mengarah ke rumah gw. Gw turun dan ternyata belum turun hujan.Amin.Ohya dan kakanya Tasya baik banget. Pas gw mau turun dibilangin hati - hati. hehe

Di bus gw melihat seorang kakek yang habis ujan-ujanan nampaknya. Dia masih pake kantong kresek di atas kepalanya. Bajunya setelan batik,pake kacamata,kulitnya sawo matang mirip sama kakek gw deh. Setiap kali ada yang mau turun, dia mengadu cincinnya ke besi supaya mengeluarkan suara nyaring. Lalu nanti si supir bakal ngerem dan nurunin pernumpang. Begitu juga pas gw turun.

Menurut gw hal yang dia lakuin itu sebetulnya sepele. Namun itu cukup penting buat gw. Makanya sebelum turun gw ucapin "terima kasih" ke dia. Lalu dia tersenyum sama gw. Pas turun gw masih memandangin bus 91 itu walaupun sudah jalan. Dari hal kecil seperti itu aja sebetulnya dia udah membantu orang. Kenapa gw nga bisa ya seperti dia? Gw selalu ngebayangin hal-hal besar,terlalu besar bahkan,buat membantu dan berguna bagi orang lain. Padahal dengan hal-hal kecil aja,kita uda bisa berguna buat orang lain. Mungkin gw akan mulai itu dari sekarang. Gausah muluk-muluk mau kerja sosial dulu. Dateng ke panti asuhan,bikin sekolah untuk anak-anak ga mampu. Itu semua rencana jangka panjang gw. Sekarang,seharusnya gw bisa mulai itu semua, ngasih tempat duduk buat orang tua, bantuin anak kecil nyebrang,pokoknya inti dari semua itu adalah menolong.

No comments: