Sunday, April 4, 2010

Di Balik Layar

Di suatu minggu yang cerah, waktu itu saya duduk-duduk dibawah pohon mendengarkan sesi tanya jawab bersama Bapak Nyoman Nuarta, pematung handal lulusan FSRD ITB. Sebetulnya saya kurang begitu menyimak semua yang ia sampaikan, tapi ada kalimatnya yang begitu menarik perhatian saya. Kira-kira dia berkata seperti ini

"Saat kalian melihat suatu karya seni, kalian pasti pernah merasa seperti ini, 'Ah kalau begini sih saya juga bisa buatnya', padahal yang dilihat dari sebuah karya seni bukan hanya hasil akhirnya saja, tetapi yang lebih penting itu adalah proses pembuatannya."

Lalu saya membatin,wah benar banget tuh! Saya memang tipe orang yang lebih penasaran dengan cerita dibalik terjadinya suatu hal atau terciptanya suatu barang dibandingkan hanya menikmati finalisasinya. Seperti layaknya sebuah barang handmade, yang terbuat dari tangan-tangan si pembuatnya. Bukan buatan pabrik yang bisa dicetak ribuan kali dengan bentuk yang sama persis. Itulah indahnya suatu proses. Mereka punya ceritanya masing-masing.

No comments: