Thursday, February 5, 2009

Bahasa Indonesia aja belum bener mau so soan Bahasa Inggris

Pas tadi disuruh nyari tugas Sosiologi di Perpustakaan,gw baca suatu artikel di koran Kompas. Isinya kira-kira tentang pentingnya bahasa Indonesia dan pesonanya yang kian hari kian menurun dimata orang Indonesia sendiri. Lalu gw sadari itu juga terjadi pada gw. Gw sering menggunakan bahasa Inggris buat menyalurkan hobi menulis gw. Gw merasa bahasa Inggris tuh keren. Dan kalau ada blog-blog orang Indonesia yang bahasa Inggrisnya berbobot gw selalu mengagumi tulisan tersebut.

Padahal kita juga punya bahasa yang ga kalah indahnya sama negara lain. Memang seperti kata pepatah "rumput tetangga lebih hijau",maksudnya kita selalu iri dengan kepunyaan orang lain dan menganggap hal itu lebih baik dan bagus. Kita lalu ga sadar kalau apa yang kita punya ga kalah bagus sama punya orang lain. Cuma kitanya aja yang ga pernah sadar dan ga mau melestarikannya.

Coba sekarang lihat makin banyak aja sekolah-sekolah Internasional yang membanjiri Jakarta layaknya banjir di Pulo Raya. Mereka semua berbasis bahasa Inggris atau bahasa Mandarin. Di sekolah ga boleh ngomong pake bahasa Indonesia nanti dikenai hukuman. Heeeeyy! emangnya kalian tinggal dimana sekarang? berdiri dimana?
Lalu semakin banyak aja anak-anak yang tidak bisa berbahasa Indonesia padahal mereka lahir tinggal dan berkewarganegaraan Indonesia. Orang tua mereka pun orang Indonesia.
Kalian mau nanti 10 atau 20 tahun lagi bahasa Indonesia punah?

Mungkin hal ini dikarenakan juga dengan era globalisasi yang katanya mengharuskan kita fasih berbahasa asing,kalo intelek harus bisa berbahasa inggris. Tapi seharisnya ini semua ga bikin kita jadi melupakan bahasa kita sendiri kan? Apalagi bahasa-bahasa daerah disekitar kita yang menurut gw itu sangat amat unik disertai dengan logatnya. Tapi kita yang sok-sokan keren,kalau denger bahasa daerah gitu malah diketawain.

Ya pokoknya mulai sekarang gw akan menjadikan BAHASA INDONESIA adalah bahasa pertama, seperti apa yang ada di Sumpah Pemuda! Ayo ayo jangan termakan era globalisasi lantas kalian semua casciscus bahasa Inggris lalu nilai ulangan Bahasa Indonesianya dibawah rata-rata teman!

5 comments:

Riar Rizaldi said...

blog kamu bagus deh, pasti minum susu tiap hari jadi bisa seperti ini!

Cuckoo said...

kalo minum susu nya rajin saya ga akan sependek ini yar hahaha

SAYAPKOTA said...

alangkah bijaknya tulisan lu cell....
seandaianya semua pemuda Indonesia kaya lu semua pasti mantep kali yee...
Semoga mimpi gw jd kenyataan

Cuckoo said...

amin rul amin! temen-temen gw juga gw racunin sama hal-hal kaya gini biar pada kritis mereka hehe

Mohammad Fadli said...

AHH KENA ABIS NIH POSTNYA!!
australia aja bangga dengan bahasa indonesia (bahasa indonesia,pelajaran paling digemari).sebentar lagi indonesia punah nih,semua budaya,bahasa ditinggalin.