Sunday, February 22, 2009

Selamat ulang tahun,kek!

Akhir pekan ini saya habiskan untuk liburan ke rumah kakek saya. Kebetulan tanggal 18 kemarin dia ulang tahun yang ke 70. Saya mau cerita-cerita tentang kakek saya yang lahir di Ambarawa ini. Dia orang yang selalu saya todongi cerita atau dongeng apapun sebelom saya tidur waktu saya kecil. Biasanya dia akan cerita saat jaman penjajahan Belanda,Jepang atau cerita-cerita seram. Di lengan atas sebelah kanan,dia punya bekas peluru karena tembakan pas jaman perang. Waktu itu dia masih kecil,dan dia pernah jalan kaki dari Ambarawa ke Yogyakarta lewatin hutan-hutan selama 10 hari jalan kaki.

Kakek saya itu seseorang yang sangat saya banggakan dan ada di posisi nomer 2 orang yang paling saya sayangin di muka bumi ini. Dia itu sangat kuat dan sabar menghadapi nenek saya yang resek dan merepotkan. Tapi dia cinta mati sama nenek saya,padahal nenek saya suka jahil dan menyebalkan luar biasa! contohnya saja kalau kakek saya sedang tidur,nenek saya suka mencubit atau mencakar kakek saya biar dia bangun. Nanti kalo kakek saya marah,nenek saya pasti ketawa-ketawa.

Dia punya rumah yang sangat luas dan dibelakangnya ada kebun dan kolam ikan. Dulu kebunnya itu peternakan ayam dan saya suka main sama anak-anak ayamnya. Dia juga punya kolam ikan yang setiap liburan,ikannya dipancing lalu dimasak untuk dimakan bareng-bareng seluruh keluarga. Dia suka ngajak ngomong pohon-pohon atau tanaman yang dia tanam. Katanya supaya berbuah manis dan ngak layu. Waktu teman-teman saya cerita tentang orang seperti itu, mereka bilang itu gila,lalu saya bilang "Nga ah! kakek gw suka kaya gitu. Itu kan namanya menyatu dengan alam",lalu saya dibilang gila juga.

Ohya,kemarin kakek saya diberi dua anjing kakak beradik yang masih kecil. Namanya Bonnie dan Blacky (atau Bleki versi sundanya). Daridulu kakek saya selalu memberi nama anjingnya Bonnie. Begitu juga saudara kakek saya. Waktu ulang tahun kemarin dia berkaca-kaca terharu karena semua anaknya bisa datang di acara ulang tahunnya. Saya memberikan dia CD Frank Sinatra,tadinya saya ingin memberikan film Joan of Arc tapi susah sekali karena itu film lama.

Harapan saya buat kakek saya yang paling saya cintai yang cuma ada satu-satunya didunia, semoga kakek diberi umur panjang supaya bisa melihat saya nanti dewasa, menikah dan punya anak! Saya sayang sekali sama kakek dan tidak mau kehilangan kakek.

untuk kakek saya tercinta,Hendricus Soeprapto Atmodiharjo

No comments: